PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-BOOK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA STATIS

MARITO, ADVENTA SINTA (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-BOOK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA STATIS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0.  NIM 8186176009 COVER.pdf]
Preview
Text
0. NIM 8186176009 COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 1.  NIM 8186176009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8186176009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8186176009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8186176009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8186176009 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8186176009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8186176009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8186176009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8186176009 BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8186176009 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8186176009 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf]
Preview
Text
10. NIM 8186176009 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 8186176009 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
11. NIM 8186176009 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model problem based learning berbatuan e-book terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X T.A 2021-2022 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 65 siswa. Kelas X-IA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas X-IA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan test dalam bentuk essai kemampuan pemecahan masalah sebanyak 5 soal dan 5 soal esai untuk keterampilan proses sains yang telah divalidkan. Analisis data menggunakan ujiMultivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil analisis data yang dilakukan bahwa: 1) Ada pengaruh model problem based learning berbantuan e-book terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains fisika siswa, 2) kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning berbantuan e-book lebih baik dibandingkan yang diajarakan menggunakan
pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 532,02 Mar p
Keywords: Problem Based Learning, E-book, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:39
Last Modified: 28 May 2024 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51319

Actions (login required)

View Item
View Item