MARITO, ADVENTA SINTA (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-BOOK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA STATIS. Masters thesis, UNIMED.
0. NIM 8186176009 COVER.pdf
Download (221kB)
1. NIM 8186176009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (904kB)
2. NIM 81866176009 SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.pdf
Download (303kB)
3. NIM 8186176009 ABSTRACT.pdf
Download (332kB)
4. NIM 8186176009 KATA PENGANTAR.pdf
Download (344kB)
5. NIM 8186176009 DAFTAR ISI.pdf
Download (451kB)
6. NIM 8186176009 BAB I.pdf
Download (452kB)
7. NIM 8186176009 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8. NIM 8186176009 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (998kB)
9. NIM 8186176009 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM 8186176009 BAB V.pdf
Download (134kB)
11. NIM 8186176009 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (331kB)
12. NIM 8186176009 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model problem based learning berbatuan e-book terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X T.A 2021-2022 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 65 siswa. Kelas X-IA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas X-IA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan test dalam bentuk essai kemampuan pemecahan masalah sebanyak 5 soal dan 5 soal esai untuk keterampilan proses sains yang telah divalidkan. Analisis data menggunakan ujiMultivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil analisis data yang dilakukan bahwa: 1) Ada pengaruh model problem based learning berbantuan e-book terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains fisika siswa, 2) kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning berbantuan e-book lebih baik dibandingkan yang diajarakan menggunakan
pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 532,02 Mar p |
| Keywords: | Problem Based Learning, E-book, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 29 May 2023 09:39 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 03:25 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51319 |
