Oktaviani, Aulia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY VIDEO PLAYBACK PADA MATAPELAJARAN ANIMASI 2D DAN 3D DI SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183151025 COVER.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
2. NIM. 5183151025 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183151025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
4. NIM. 5183151025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
5. NIM. 5183151025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
6. NIM. 5183151025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7. NIM. 5183151025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
8. NIM. 5183151025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
9. NIM. 5183151025 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5183151025 BAB V.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
14. NIM. 5183151025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality Video Playback pada Mata pelajaran Animasi 2D dan 3D yang dikembangkan. Penelitian ini diselenggarakan di SMK Swasta Imelda Medan, khususnya pada kelas XI jurusan Multimedia dengan jumlah subjek pengguna terdiri atas 30 pengguna. Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality Video Playback dikembangkan dengan tujuan untuk membantu siswa maupun guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D. Pengujian yang dilakukan adalah uji kelayakan produk dan uji efektivitas produk. Uji kelayakan produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada 2 ahli materi, 2 ahli media, serta 30 pengguna. Sedangkan uji efektivitas dilakukan dengan melihat perbandingan nilai antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality Video Playback pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D yang dirancang memiliki tingkat kelayakan “Sangat Layak”. Dengan nilai rata-rata domain materi 4,57 (Sangat Layak) dan nilai rata-rata domain media 4,42 (Sangat Layak), serta mendapat nilai rata-rata 4,62 (Akseptansi Tinggi) pada tingkat akseptansi atau domain pengguna. Uji efektivitas produk yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat peningkatan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality Video Playback. Hasil uji coba pre-test dari 30 siswa mendapat nilai rata-rata 64,50 dengan nilai <75, hasil uji post-test mendapat nilai rata-rata 91,67 dan 20 siswa mencapai ≥ 75. Rata-rata hasil N-Gain adalah 0,78 dengan nilai mencapai 67% dengan kategori tinggi dan 33% dengan kategori sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Augmented Reality Video Playback, Teknik Tweening, Animasi 2D dan 3D |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 07:36 |
Last Modified: | 09 May 2023 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51318 |