DZAHROH, SHABRINA (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PENDEKATAN PISA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186175003 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 8186175003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 8186175003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8186175003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM. 8186175003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM. 8186175003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8186175003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8186175003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM. 8186175003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM. 8186175003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 8186175003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
PISA adalah studi tentang program penilaian peserta didik tingkat internasional yang diselenggarakan oleh organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) atau organisasi untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan. Tujuan dari studi PISA adalah untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak sekolah di seluruh dunia, dengan maksud untuk meningkatkan metode-metode pendidikan dan hasil-hasilnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran serta keefektifan tes berbasis PISA pada materi kinematika gerak di SMA yang telah dikembangkan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA An Nizam Medan sebanyak 22 orang siswa sebagai kelas kecil, dan siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan sebanyak 42 orang siswa sebagai kelas besar. Adapun Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah multiple choice dan tes uraian, serta angket lembar penilaian peserta didik. Hasil uji coba kelompok kecil didapatkan soal yang sesuai dengan karakteristik butir soal adalah sebanyak 33 soal dari 38 soal yang diujikan. Hasil analisis yang didapat belum semua instrumen memenuhi kriteria tes yang baik sehingga perlu adanya revisi untuk soal yang belum baik. Selanjutnya soal yang telah direvisi digunakan pada uji coba kelompok besar dimana jumlah soal berkurang menjadi 33 butir soal. Dan hasil Uji coba kelompok besar selesai dilaksanakan, dilakukan analisis hasil secara kuantitatif. Hasil analisis yang didapat semua instrumen memenuhi kriteria tes yang baik, selanjutnya soal disimpan pada bank soal berbasis pendekatan PISA materi kinematika gerak di SMA jumlah soal berjumlah 33 soal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 Dza p |
Keywords: | PISA, Research and Development (R&D) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:42 |
Last Modified: | 29 May 2023 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51316 |