SIMBOLON, RUTH FIKA RONAULI (2023) PENGARUH VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA SMA NEGERI BERINGIN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206176010 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8206176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 8206176010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4. NIM. 8206176010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 8206176010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM. 8206176010 TABLE.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. NIM. 8206176010. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8206176010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 8206176010 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. NIM. 8206176010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 8206176010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
16. NIM. 8206176010 BIODATA PENULIS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh virtual laboratory terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa pada materi Getaran Harmonis Sederhana kelas X SMA Negeri Beringin dan untuk melihat korelasi antara self-efficacy dan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest-postest. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45 dengan standar deviasi 16,46 dan kelas kontrol adalah 40 dengan standar deviasi 13,17. Sampel berdistribusi normal dan homogen, uji normalitas menunjukkan distribusi kemampuan peserta sama. Hasil post test nilai rata – rata kelas eksperimen 66,5 dan kelas kontrol nilai rata – rata 56,25, kedua data normal dan homogen serta analisis hipotesis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari kedua kelas, berarti ada pengaruh praktikum konvensional dan virtual laboratory terhadap hasil belajar siswa. Nilai self-efficacy siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 78,65, hasil data normal dan homogen, hipotesis statistik menunjukkan bahwa signifikansi 0,002 < 0,05 maka terdapat perbedaan rata-rata dari kedua kelas, berarti ada pengaruh virtual laboratory terhadap self-efficacy siswa. Hubungan Self-efficacy dan hasil belajar memiliki korelasi dengan nilai 0,796 yang diinterpretasikan memiliki derajat hubungan kuat dan bentuk hubungan positif yang berarti semakin tinggi self-efficacy maka semakin tinggi juga hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.32 Sim p |
Keywords: | virtual laboratory, hasil belajar, self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:44 |
Last Modified: | 29 May 2023 09:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51313 |