PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET BERBASIS MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTAPINANG T.A 2022

Amanda, Ade Trya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET BERBASIS MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTAPINANG T.A 2022. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8186166005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8186166005 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 8186166005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8186166005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8186166005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8186166005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. 8186166005  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8186166005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8186166005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8186166005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8186166005  TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8186166005 TABLES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8186166005  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8186166005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. 8186166005  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8186166005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9. 8186166005  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8186166005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8186166005  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8186166005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. 8186166005  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8186166005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotapinang yang dapat menunjang pembelajaran dan membantu guru dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kotapinang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Model Think Pair Share yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VIII. Produk yang dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran serta hasil tanggapan siswa diperoleh dengan persentase 88,8% dalam kategori “sangat layak” dan hasil belajar siswa menggunakan Media Pembelajaran Leaflet yang dikembangkan mengalami perubahan yang semakin meningkat. Perolehan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,83, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,83. Dapat disimpulkan bahwa nilai siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat dibuktikan bahwa media pembelajaran leaflet berbasis Model Think Pair Share yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotapinang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 330.72 Ama p
Keywords: Media Pembelajaran Leaflet, Model Think Pair Share Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2023 01:12
Last Modified: 15 Jul 2024 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51259

Actions (login required)

View Item
View Item