PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA PERMULAAN BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA DISLEKSIA KELAS I SD NEGERI KECAMATAN MEDAN DELI

FADILLAH, NURUL (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA PERMULAAN BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA DISLEKSIA KELAS I SD NEGERI KECAMATAN MEDAN DELI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8206181006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8206181006 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8206181006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8206181006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8206181006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8206181006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8206181006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8206181006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8206181006 TABLE OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8206181006 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8206181006 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8206181006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8206181006 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8206181006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8206181006 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8206181006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8206181006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8206181006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8206181006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8206181006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8206181006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8206181006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca (disleksia). Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar membaca permulaan dengan model kosonan vokal – konsonan vokal dengan bantuan media interaktif yang layak dan efektif untuk digunakan oleh siswa disleksia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu tahap define, design, develop, dan dessiminate. Subyek penelitian berjumlah 10 siswa disleksia kelas 1 sekolah dasar Kecamatan Medan Deli. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar membaca permulaan berbantuan media interaktif. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi ahli materi, media dan desain. Hasil penelitian kelayakan uji validitas ahli materi memperoleh skor 93%, ahli media memperoleh skor 95% , dan ahli desain memperoleh skor 93%. Sedangkan hasil keefektifan tersebut didasarkan pada hasil kemampuan membaca permulaan siswa yang diperoleh dari hasil pre-test memperoleh skor 40% dan hasil post-test memperoleh skor 87%, kemudian untuk respon guru memperoleh skor 91% dan respon siswa memperoleh skor 92%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar memulai membaca melalui media interaktif bagi siswa difabel belajar (disleksia) di kelas I sekolah dasar Negeri Kecamatan Medan Deli layak untuk digunakan dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.416 Fad p
Keywords: Disleksia, Membaca Permulaan, Media Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 08:44
Last Modified: 29 May 2023 08:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51221

Actions (login required)

View Item
View Item