Verdinata, Ismi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER INTERAKTIF BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA TK B MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206181003 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8206181003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8206181003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 8206181003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 8206181003 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6. NIM. 8206181003 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM. 8206181003 PICTURES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 8206181003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
12. NIM. 8206181003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM. 8206181003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media poster interaktif berbasis STEAM yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa TK. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Uji coba modul dilakukan di TK B Al-Insani Medan Tembung. Subjek pada penelitian ini adalah tiga validator ahli (ahli desain, ahli media, dan ahli materi), kemudian guru dan anak kelompok B TK AL-Insani Medan Tembung. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media poster interaktif berbasis STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa TK (tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran). Model pengembangan yang menjadi acuan penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat ditarik simpulan bahwa media poster interaktif berbasis STEAM dinyatakan Valid oleh validator sehingga dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. Kemudian untuk penilaian kepraktisan diperoleh dari respon guru sebesar sebanyak 83%. Selanjutnya berdasarkan penilaian tes anak-anak yang diperoleh maka media poster interaktif berbasis STEAM dinyatakan memiliki keefektifan media pembelajaran poster di TK B Al-Insani Medan Tembung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.4 Ver p |
Keywords: | Media Poster; Pembelajaran STEAM; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51195 |