HUTAPEA, RENO TRI PUTRA (2022) PENGEMBANGANMODULPADA PEMBELAJARAN SISTEMINFORMASI GEOGRAFISJURUSAN TEKNIKGEOSPASIALDI SMK NEGERI 1 PERCUTSEITUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153111040 COVER.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
2. NIM. 5153111040 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5153111040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
4. NIM. 5153111040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
5. NIM. 5153111040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
6. NIM. 5153111040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7. NIM. 5153111040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
8. NIM. 5153111040 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM. 5153111040 BAB V.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM. 5153111040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengembangan Modul pada mata plajaran sistem informasi geografis diSMKN1 PercutSeiTuan dan mengetahui kelayakan modul sebagai bahan ajar pada mata pelajaran sistem informasi geografis di SMK Negeri 1 PercutSei Tuan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4D.Terdiriatas 4 tahaputama, yaitudefine, design, develop, dandisseminate. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan.Pengumpulan data menggunakan wawan carater struktur dengan guru serta pengisian angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Informasi Geografis di SMK Negeri 1 PercutSei Tuan menggunakan model pengembangan 4P yang meliputi 4 tahap, yaitu : 1) Tahap Pendefinisian (Define), yang terdiri dari kegiatan Analisis Awal, AnalisisPesertaDidik, AnalisisKonsep, serta Analisis Tujuan Pembelajaran, 2) TahapPerancangan (Design), yang terdiri dari kegiatan Pemilihan Media, Pemilihan Format, dan Membuat Rancangan Awal, 3) Tahap Pengembangan (Develop), yang terdiri dari kegiatan Produksi Media danValidasi Media, serta.(2) Hasil pengujian kelayakan ahli media yang terdiri dari Desain Tampilan yang memperolehskor rata-rata 4,75, Aksesibilitas dengan skor rata-rata 4,33, Penggunaan Bahasa dengan skor rata-rata 4,33, dan Ketertarikan dengan skor rata-rata 4,66. Jumlahskor rata-rata kelayakanahli media yaitu 4,37ataumemilikipersentase 90,40% dengankriteria “SangatLayak”. Selanjutnya, hasil pengujian kelayakana materi yang terdiri dari Ukuran Modul yang mendapatskor rata-rata 3,00, Penyajian Desain Cover denganskor rata-rata 2,44, dan Penggunaan Desain Isi denganskor 3,00. Jumlahskor rata-rata kelayakan ahli media yaitu 2,78 atau memiliki persentase 70,37% dengankriteria “Layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan E-Modul, SistemInformasiGeografis |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:44 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51183 |