SIREGAR, DINA AZRIANA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI MENJAHIT BUSANA ANAK KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5151143006 COVER.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
2. NIM 5151143006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5151143006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
4. NIM 5151143006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
5. NIM 5151143006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
6. NIM 5151143006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
7. NIM 5151143006 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
8. NIM 5151143006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
9. NIM 5151143006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. NIM 5151143006 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
11. NIM 5151143006 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
12. NIM 5151143006 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
13. NIM 5151143006 CHAPTER V.pdf
Download (934kB)
14. NIM 5151143006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (330kB)
15. NIM 5151143006 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengembangkan modul pembuatan busana rumah anak di SMK Negeri 1 Beringin, 2) Untuk mengetahui kelayakan modul pada pembuatan busana rumah secara industri bagi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Beringin.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Education Resecrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Beberapa langkah atau tahapan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu; tahap analisis (analisys), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap uji coba (implementation). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Beringin Medan, dengan pelaksanaan pengujian media dan materi dilakukan oleh 3 ahli media dan 3 ahli materi, sedangkan uji kelayakan produk diujikan terhapa 3 kelompok, yang masing-masing terdiri dari 9 siswa kelompok kecil, 17 siswa kelompok sedang dan 32 siswa pada kelompok besar.
Hasil pengembangan menyatakan bahwa, berdasarkan penilaian 3 ahli media, diperoleh nilai rata-rata pada aspek kelayakan kegarafikan media sebesar 89,29% “sangat baik”, sedangkan aspek kelayakan penyajian sebesar 89,58% “sangat baik”. Sedangkan penilaian 3 ahli materi, pada aspek kelayakan isi media diperoleh rata-rata 89,29% “sangat baik”, sedangkan aspek kelayakan penyajian diperoleh sebesar 89,58% “sangat baik”. Dengan kata lain, dinyatakan bahwa media modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan selanjutnya layak untuk diujicobakan di lapangan dengan revisi. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 87,62% “sangat baik”, pada kelompok sedang diperoleh rata-rata sebesar 88,57% “sangat baik”, sedangkan pada kelompok besar diperoleh sebesar 87,59% “sangat baik”. Dengan demikian dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran modul pada materi pembuatan busana rumah anak layak digunakan dan diimplementasikan sebagai media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Modul, Pembuatan Busana Rumah Anak |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
| Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:52 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 03:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51097 |
