SIREGAR, DINA AZRIANA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI MENJAHIT BUSANA ANAK KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5151143006 COVER.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
2. NIM 5151143006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5151143006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
4. NIM 5151143006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
5. NIM 5151143006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
6. NIM 5151143006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
7. NIM 5151143006 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
8. NIM 5151143006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
9. NIM 5151143006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5151143006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (934kB) | Preview
14. NIM 5151143006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengembangkan modul pembuatan busana rumah anak di SMK Negeri 1 Beringin, 2) Untuk mengetahui kelayakan modul pada pembuatan busana rumah secara industri bagi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Beringin.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Education Resecrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Beberapa langkah atau tahapan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu; tahap analisis (analisys), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap uji coba (implementation). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Beringin Medan, dengan pelaksanaan pengujian media dan materi dilakukan oleh 3 ahli media dan 3 ahli materi, sedangkan uji kelayakan produk diujikan terhapa 3 kelompok, yang masing-masing terdiri dari 9 siswa kelompok kecil, 17 siswa kelompok sedang dan 32 siswa pada kelompok besar.
Hasil pengembangan menyatakan bahwa, berdasarkan penilaian 3 ahli media, diperoleh nilai rata-rata pada aspek kelayakan kegarafikan media sebesar 89,29% “sangat baik”, sedangkan aspek kelayakan penyajian sebesar 89,58% “sangat baik”. Sedangkan penilaian 3 ahli materi, pada aspek kelayakan isi media diperoleh rata-rata 89,29% “sangat baik”, sedangkan aspek kelayakan penyajian diperoleh sebesar 89,58% “sangat baik”. Dengan kata lain, dinyatakan bahwa media modul yang dikembangkan dinyatakan valid dan selanjutnya layak untuk diujicobakan di lapangan dengan revisi. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 87,62% “sangat baik”, pada kelompok sedang diperoleh rata-rata sebesar 88,57% “sangat baik”, sedangkan pada kelompok besar diperoleh sebesar 87,59% “sangat baik”. Dengan demikian dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran modul pada materi pembuatan busana rumah anak layak digunakan dan diimplementasikan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Modul, Pembuatan Busana Rumah Anak |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:52 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51097 |