Hamdani, Muhammad Rizki Febri (2022) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIIM. 8186131002 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 8186131002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
3. NIM. 8186131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8186131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 8186131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 8186131002 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 8186131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8186131002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8186131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 8186131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 8186131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Berbasis Mutu Di SMK Swasta Harapan Stabat. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, April 2022.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis mutu di SMK Swasta Harapan Stabat. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan sarana dan prasarana mengacu pada permendikbud no 34 2018. Perencanaan berjalan efektif namun kurang efesien, karena ada sarpras yang tersedia, namun ada juga sarpras yang tidak tersedia (2) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan memperhatikan asas manfaat dan kegunaan. Pengadaan dilakukan dengan cara membeli, produksi sendiri atau pendaurulangan (3) sarpras diinventaris, disimpan di tempat penyimpanan yang tersedia, dan dipelihara sesuai dengan keadaan sekolah, bisa setiap hari, satu bulan, tiap 4 bulan, bahkan tahunan. (4) Penggunaan sarana dan prasarana diperuntukkan bagi keberlangsungan proses pembelajaran. Penggunaan sarpras efektif, sesuai fungsinya, belum efesien karena tidak disiplin dalam penggunaannya. (5) Penghapusan dilakukan dengan cara recycle, dijual atau dibakar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Ham p |
Keywords: | Mutu, Pengelolaan, Sarana dan Prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:46 |
Last Modified: | 30 May 2023 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51069 |