RASMANTA, ADITHA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN I-SPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153111002 COVER.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
2. NIM 5153111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5153111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
4. NIM 5153111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM 5153111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
6. NIM 5153111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
7. NIM 5153111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
8. NIM 5153111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
9. NIM 5153111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5153111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
14. NIM 5153111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 5 Medan, diketahui guru mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan masih menggunakan media pembelajaran sederhana, yaitu menggunakan media cetak, seperti : buku teks dan powerpoint yang masih sederhana dengan melampirkan teks dan gambar saja. Dengan mengetahui permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian pengembangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran powerpoint dengan menggunakan software I-Spring pada materi syarat penggambaran konstruksi jalan dan jembatan. Prosedur yang dipakai dalam melakukan penelitian ini dilakukan sesuai dengan model pengembangan oleh Dick and Carry (1996), yaitu model ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Namun, dikarenakan tujuan pengembangan produk pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak, maka peneliti melakukan penelitian sampai pada tahap Development (pengembangan) yairu pada tahap revisi produk. Berdasarkan rata-rata hasil validasi produk yang dilakukan, media pembelajaran ini dinyatakan “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentasi validasi Ahli Materi I diperoleh skala penilaian sebesar 96%, validasi Ahli Materi II diperoleh skala penilaian sebesar 84%, dan validasi Ahli Media diperoleh skala penilaian sebesar 71%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, ADDIE, Konstrukisi Jalan dan Jembatan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:09 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51065 |