Yani, Sarah Syafra (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Website Wizer.me Pada Tema 6 Cita- Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Kelas IV SDN 105287 Tembung T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111032_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 1181111032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 1181111032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM. 1181111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM. 1181111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 1181111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 1181111032_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1181111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 1181111032_BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
14. NIM. 1181111032_BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
15. NIM. 1181111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis Contextual teaching and learning berbantuan Website wizer.me tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 kelas IV SD Negeri 105287 Tembung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 105287 Tembung berjumlah 32 peserta didik 14
laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner (angket), tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Uji Kelayakan mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli materi diperoleh persentase 97% dan validator ahli media diperoleh persentase 80% dengan kategori “Layak”. 2) Uji Kepraktisan oleh guru kelas IV diperoleh persentase 95% dengan kategori “Sangat Praktis” selanjutnya, hasil uji coba perorangan diperoleh persentase 90% dan uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 88% dengan kategori “Sangat Praktis. 3) Uji keefektifan diperoleh nilai pretest sebesar 52,65 dengan kriteria “Tidak Tuntas” dan post test sebesar 90,31 dengan kriteria “Tuntas”. Berdasarkan
hasil temuan tersebut diharapkan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Website Wizer.me demi menciptakan pembelajaran yang aktif dan efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan LKPD; Contextual Teaching and Learning; Website Wizer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:16 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51056 |