ANALISIS KEBUTUHAN GURU DAN SISWA MENGENAI PENGEMBANGAN E- MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI KIMIA KELAS X UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Sutri, Endah and Juwitaningsih, Tita (2023) ANALISIS KEBUTUHAN GURU DAN SISWA MENGENAI PENGEMBANGAN E- MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI KIMIA KELAS X UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya “Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Comunnication Technology) dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21”, 9 November 2022, Online.

[thumbnail of Articel.pdf]
Preview
Text
Articel.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https:pbexpo-unimed.com

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar yang berupa E-Modul berbasis problem solving sehingga dilakukan analisis kebutuhan guru dan siswa untuk mendapatkan data yang sesuai dengan kondisi dilapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model pengembanga (R&D) berupa ADDIE. Penelitian ini hanya sampai kepada tahap satu yaitu tahap analisis.
Instrument pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar wawancara guru beserta dengan lembar angket guru dan siswa. Analisis yang dilakukan untuk dapat melihat bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa, kendala yang terjadi pada proses pembelajaran serta sumber belajar apa yang diperlukan oleh guru dan siswa. Didapat hasil analisis pada peserta didik kelas X bahwa 30% siswa tidak menyukai kimia dan sejalan dengan 80% peserta didik sulit untuk memahami materi kimia karena menurut 88% peserta didik, guru hanya
memberikan penjelasan secara teoritis saja berdasarkan bahan ajar berupa buku teks yang diberikan oleh sekolah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis problem solving pada materi kimia kelas X untuk meningkatkan keterampialan berpikir kritis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: E-Modul, Problem Solving, ADDIE, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:17
Last Modified: 19 Jun 2023 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51038

Actions (login required)

View Item
View Item