Penerapan Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Keterampilan Abad 21 Pada Materi IPA di Sekolah SMP

Maharani, Aqilla and Fadhila, Dita (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Keterampilan Abad 21 Pada Materi IPA di Sekolah SMP. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya “Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Comunnication Technology) dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21”, 9 November 2022, Online.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https:pbexpo-unimed.com

Abstract

Menurut kamus Bahasa Indonesia Kata pendidikan berasal dari kata 'didik' dan mendapat imbuhan 'pe' dan akhiran 'an', maka kata ini memiliki proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang (UUR.I No. 2 Tahun 1989, Bab I, Pasal I dalam Oemar Hamalik, 2013).Abad 21 saat ini berpusat pada perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 yang mengedepankan pengetahuan dan keterampilan. Dimana bidang pendidikan berpengaruh besar terhadap perkembangan era revoluisi ini.Pemanfaatan ICT bagi guru adalah kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan.Dalam konteks ini ICT dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajar an, pengembangan profesional guru, dan pengembangan sistem pengelolaan belajar dan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengetahui keberhasilan pembelajaran IPA berbasis ICT pada Abad 21 ini.Adapun metode yang digunakan adalah metode SLR (Systematic Literature Review).Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran perlu dikelola dengan menarik dan interaktif kemudian ditambah dengan kemampuan mengintegrasikan ICT dalam pelaksanaannya, menyusun dan membuat model pembelajarannya

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pedidikan, Abad 21, pembelajaran IPA berbasis ICT
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:28
Last Modified: 06 Mar 2023 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51023

Actions (login required)

View Item
View Item