SOFT SKILLS BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK PENDIDIKAN CALON GURU SMK

Amin, Muhammad (2016) SOFT SKILLS BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK PENDIDIKAN CALON GURU SMK. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46 (1). pp. 41-55. ISSN 2580-5525 (Print) | 2580-5533 (Online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan atribut soft skills berbasis budaya lokal sebagai suplemen pada pembelajaran calon guru SMK di Sumatera Utara dan mengetahui tingkat relevansi masing-masing atribut soft skills pada beberapa lokasi di Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan tahapan eksplorasi dan verifi kasi atribut soft skills. Tahap eksplorasi dilakukan
di wilayah Sumatera Utara yang meliputi: Etnis Batak, Melayu, Jawa, dan Minang. Pada kegiatan verifi kasi dilibatkan 126 guru yang tersebar pada 12 SMK di wilayah Sumatera Utara. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, studi dokumen, dan angket. Hasil wawancara diterjemahkan dalam bentuk kata kunci yang mengarah pada atribut soft skills dan direkapitulasi dalam bentuk atribut soft skills. Hasil pengisian angket dianalisis tingkat relevansi masing-masing atribut soft skills. Uji anava satu jalur dilakukan untuk mengetahui adanya persamaan tingkat relevansi pada masing-masing wilayah titik pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 atribut soft skills berbasis budaya lokal Sumatera Utara yang relevan digunakan sebagai suplemen pada pembelajaran calon guru SMK. Hasil verifikasi menunjukkan bahwa keseluruhan atribut soft skills tersebut berada pada kategori sangat relevan. Hasil uji perbedaan tingkat relevansi antara wilayah/lokasi, menunjukkan bahwa seluruh atribut soft skills memiliki tingkat relevansi yang sama pada masing-masing wilayah.

Item Type: Article
Keywords: atribut soft skills, kultur lokal, calon guru SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:20
Last Modified: 09 Jun 2023 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51009

Actions (login required)

View Item
View Item