Matondang, Atika Wasilah and Prastowo, Puji (2023) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MAN 2 LANGKAT. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya “Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Comunnication Technology) dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21”, 9 November 2022, Online.
Article.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA MAN 2 Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei, di MAN 2 Langkat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA sebanyak 157 orang. Sampel diambil secara purposive sampling dan berjumlah 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajar dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar (87,1 ± 6,24) sedangkan kelas yang diajar tanpa memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar (82,2. ± 6,89). Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA MAN 2 Langkat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Canva, Media Pembelajaran ICT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 08:10 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51007 |