Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli, Siswa SMK Melalui Variasi Pembelajaran

Sinurat, Sandy Yudha and Bangun, Sabaruddin Yunis (2019) Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli, Siswa SMK Melalui Variasi Pembelajaran. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9 (2). pp. 125-133. ISSN p-ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721

[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar Passing atas melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMK Parulian 1Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setelah data terkumpul, dzilakukan analisis pembelajaran melalui variasi pembelajaran. (1) Dari tes hasil belajar melalui variasi Pembelajaran di siklus I diperoleh 13 siswa yang tuntas (68,42%) sedangkan 6 siswa (31,58%) belum tuntas, dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar passing atas (76,27). Belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui variasi pembelajaran (2) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 17 siswa yang tuntas (89,47%)
sedangkan 2 siswa (10,53%) belum tuntas, dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar passing atas sebanyak (81, 54%). Maka sudah tercapai lah nilai klasikal 85% tersebut. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan 21% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Passing atas Bola Voli Siswa Teknik Komputer Jaringan SMK Parulian 1 Medan Tahun 2018.

Item Type: Article
Keywords: Belajar, Passing Atas, Bolavoli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:57
Last Modified: 08 Jun 2023 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50994

Actions (login required)

View Item
View Item