Amin, Muhammad and Sibuea, Abdul Muin and Mustaqim, Bima (2002) The Effectiveness of Online Learning Using E-Learning During Pandemic Covid-19. Journal of Education Technology, 6 (2). pp. 247-257. ISSN P-ISSN: 2549-4856 E-ISSN : 2549-8290
Article.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi ketika perkuliahan online adalah, materi yang disampaikan oleh dosen tidak secara maksimal diajarkan karena kurangnya pemanfaatan dari media pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk
menemukan penggunaan platform pembelajaran online yang efektif pada pendidikan tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yang sasarannya analisis, investigasi dan penilaian efektivitas perkuliahan online menggunakan e-learning di
Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Selain itu, penelitian ini juga membandingkan e-learning mana yang mudah untuk digunakan, e-learning yang memiliki fitur lengkap dan e-learning yang ekonomis. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdaftar di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 136 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner melalui google formulir kepada mahasiswa. Dalam
penelitian ini, menggunakan dua analisis: analisis deskriptif, dan analisis respons kualitatif. Indikator yang digunakan untuk melihat efektivitas e-learning adalah Banyak digunakan, Mudah digunakan, Fitur lengkap, dan Ekonomis. E-learning yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah WhatsApp Group, Google Classroom, Ms. Teams, Schoology, Edmodo, dan Moodle. Dari hasil analisis ditemukan bahwa elearning yang paling efektif digunakan saat pandemi adalah Moodle. Karena Moodle memiliki fitur yang lengkap dan menarik dibandingkan dengan e-learning lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Efektivitas, E-Learning, Penddidikan Tinggi, Pembelajaran Online, Platform Media |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:47 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50988 |