Anwar, Ikram and Bangun, Sabaruddin Yunis (2019) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEDAN. Indonesia Sport Journal, 2 (2). pp. 68-77. ISSN P-ISSN: 2655-7525, E-ISSN: 2655-7770
Turnitin.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Lari sprint Menggunakan Variasi Pembelejaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari data awal Lari Sprint menggunakan variasi pembelajaran hasil keseluruhan Hanya ada 10 siswa yang paham tentang teknik dasar lari sprint (31,25%), selebihnya 22 orang siswa/i masih belum dapat memahami cara melakukan gerakan lari sprint mulai dari tahap awalan, pelaksanaan dan akhiran yaitu sekitar (68,75%). Siklus I diperoleh sebanyak 22 orang siswa (68,75%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 10 orang siswa belum mencapai tingkat ketuntasan belajar (31,25%), namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 75%. Siklus II sebanyak 27 orang siswa (84,37%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 orang siswa masih belum tuntas (15.63%). Kesimpulan penelitian adalah melalui variasi pembelajaran dapat memberikan pengaruh dalam upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Sprint Running, Variation in Learning |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:09 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50986 |