Rianti, Fitria Dwi (2022) Pengembangan Handout Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan 3D Pageflip Professional Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111014 COVER.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
2. NIM. 1181111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
3. NIM. 1181111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
4. NIM. 1181111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
5. NIM. 1181111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
6. NIM. 1181111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
7. NIM. 1181111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
8. NIM. 1181111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
9. NIM. 1181111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
13. NIM. 1181111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
14. NIM. 1181111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
Abstract
efektivitas handout interaktif berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan 3D Pageflip Professional pada tema 4 daerah tempat tinggalku subtema 1 lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 1 kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa/i kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima. Objek dalam penelitian ini yaitu handout interaktif berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan 3D Pageflip Professional pada tema 8 subtema 1 untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan semangat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi materi oleh validator ahli materi memperoleh rata-rata nilai 4,6 dengan persentase 93% kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli desain memperoleh rata-rata nilai 4,8 dengan persentase 96% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase 96% kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil 92,4% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas handout interaktif berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan 3D Pageflip Professional yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari awal rata-rata sebelum menggunakan handout yaitu 47,4 kategori “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 86,3 kategori “Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan merupakan sangat layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Handout interaktif; Contextual Teaching and Learning (CTL); 3D Pageflip Professional; R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:09 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50933 |