PANJAITAN, ANDRE (2022) PENGEMBANGAN E-MODULE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X DI SMK TI SWASTA BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5183122019 COVER.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
2. NIM 5183122019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5183122019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
4. NIM 5183122019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
5. NIM 5183122019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (881kB) | Preview
6. NIM 5183122019 TABLES.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7. NIM 5183122019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
8 NIM 5183122019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
9. NIM 5183122019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5183122019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
14. NIM 5183122019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
Abstract
“Pengembangan E-Module Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X di SMK TI Swasta Budi Agung Medan”. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengembangkan e-module flipbook pada mata pelajaran Teknologi dasar otomotif di kelas X SMK TI Swasta Budi Agung Medan; (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-module flipbook menurut para ahli; (3) Mengetahui efektifitas e-module flipbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi dasar otomotif di kelas X SMK TI Swasta Budi Agung Medan.
Metode R&D pada penelitian ini dilakukan dengan: (1) menganalisis masalah dengan membagikan angket kebutuhan siswa dan angket kebutuhan guru. (2) pengumpulan data, (3) membuat produk, (4) validasi oleh pakar materi, pakar media, dan pakar desain pembelajaran, (5) melakukan uji coba sebanyak 3 tahap, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok sedang dan uji coba kelompok besar kepada siswa kelas X TKR Smk TI Budi Agung Medan.
Tingkat kelayakan E-module flipbook ini menurut ahli materi berada pada kriteria “Sangat Baik” (97%), menurut ahli media berada pada kriteria “Sangat Baik” (85%), dan menurut ahli desain pembelajaran berada pada kriteria “Sangat Baik” (92%), berdasarkan uji coba kelompok kecil (5 orang siswa) mendapat kriteria “Sangat Baik” (95%), uji coba kelompok sedang (15 orang siswa) mendapat kriteria “Sangat Baik” (92%), dan uji coba kelompok besar (35 orang siswa) mendapat kriteria “Sangat Baik”(93%), hasil pre test siswa mendapat nilai rata-rata 56 dengan 11 orang siswa tuntas dan 24 tidak tuntas, dan hasil post test siswa mendapat nilai rata-rata 77 dengan 27 siswa yang tuntas dan 8 orang tidak tuntas. Sehingga dapat disimpukan bahwa pengembangan e-module flipbook pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif “Sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X SMK TI Budi Agung Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, E-Module Flipbook, Hasil Belajar, Teknologi dasar otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 08:01 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50926 |