Khoiriah, Nikmatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas III SDN 0129 Sayur Matua T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311035 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1183311035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM. 1183311035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 1183311035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 1183311035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 1183311035 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1183311035 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1183311035 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9. NIM. 1183311035 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM. 1183311035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
14. NIM. 1183311035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
15. NIM. 1183311035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran big book, (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran big book, (3) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran big book pada tema 7 subtema 2 pembelajaran 3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 0129 Sayur
Matua yang berjumlah 20 siswa 7 siswa laki-1aki 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, serta lembar soal pretest dan postest. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan : (1) uji kelayakan mendapatkan kriteria “ Sangat Layak” dengan rincian validator media diperoleh persentase sebesar 86% dan validator ahli materi memperoleh persentase sebesar 82,66% dengan kriteria “ Sangat Layak”. (2) uji kepraktisan oleh guru diperoleh persentase sebesar 97,33% dengan kriteria “ Sangat
Praktis”, adapun hasil uji perorangan dan kelompok kecil terhadap siswa memperoleh hasil masing-masing uji coba sebesar 94,4% dan 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. (3) uji keefektifan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,5 dan nilai postest sebesar 83. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan media pembelajaran big book yang layak dan efektif sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Big Book |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 04:03 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50909 |