NAINGGOLAN, KARTINI JUITA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEBDI SMK SINAR HUSNI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.5181151005 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2.NIM.5181151005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3.NIM.5181151005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4.NIM. 5181151005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5.NIM.5181151005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6.NIM.5181151005 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7.NIM.5181151005 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8.NIM.5181151005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9.NIM.5181151005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13.NIM.5181151005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14.NIM.5181151005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis web, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar siswa di SMK Sinar Husni Medan Kelas XI RPL 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan mengolah data hasil pretest dan post test siswa untuk melihat perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis web. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web ini layak untuk dterapkan dan digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis web ini termasuk dalam kategori “sangat praktis” untuk digunakan. Hasil validasi media juga telah dilaporkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan nilai tes N-gain siswa sebesar 0,7 dalam kategori tinggi. Dari 24 siswa tersebut, 19 siswa mendapat nilai lebih besar dari 0,7 dan 5 siswa mendapat nilai lebih kecil dari 0,7.Hasil produk dari media pembelajaran berbasis web dapat diakses dengan alamat https://learn-rpl.site/dashboard dan untuk mengakses admin menggunakan alamat https://learn-rpl.site/dashboard/admin. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media (2 dosen) dan ahli materi (1 dosen dan 1 guru). Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis web ini memperoleh angka sebesar 4,64 atau sangat layak untuk aspek materi, dan 4,49 untuk aspek media. Sedangkan untuk keberterimaan siswa (askeptabilitas) mendapat nilai sebesar 4,48 dengan kategori sangat layak. Sementara itu untuk efektivitas dari media ini dimana dari 24 siswa, 19 siswa mendapat nilai ≥ 0,7 dengan kategori tinggi dan 5 siswa mendapat nilai ≤ 0,7 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran web ini sudah layak digunakan dan sudah efektif digunakan dalam meingkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perkembangan teknologi, Media Pembelajaran Berbasisis Web, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 08:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50895 |