WIGATI, PUTRI KANTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI APPY PIE PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.5181131010 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2.NIM.5181131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3.NIM.5181131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4.NIM.5181131010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5.NIM.5181131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
6.NIM.5181131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7.NIM.5181131010 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8.NIM.5181131010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9.NIM.5181131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13.NIM.5181131010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14.NIM.5181131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas pengembangan media berbasis android menggunakan aplikasi Appy Pie pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK N 13 Medan. Kelayakan media yang dikembangkan merujuk pada ahli media dengan perolehan nilai 93% dengan kategori “sangat layak”, kelayakan materi oleh ahli materi memperoleh nilai 85% dengan katogori “sangat layak”, dan 93% diperoleh melalui praktisi pembelajaran dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba produk memproleh respon positif penggunaan media > 65%. Efektivitas produk dari hasil posttest diperoleh nilai sig.2-tailed sebesar 0,009 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil rata-rata posttest kelas ekperimen memperoleh 7,9 dengan peningkatan skor sebesar 2,1 dibandingkan dengan kelas kontrol hanya memperoleh rata-rata posttest sebesar 7,2. Dengan demikian media yang dikembangkan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penelitian pengembangan, android, Appy Pie |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 08:10 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50889 |