PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DENGAN THINK PAIR SHARE TENTANG SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANCUR BATU T.P 2014/2015

Padang, Juliana Luvi Sabrina (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DENGAN THINK PAIR SHARE TENTANG SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANCUR BATU T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM (4103341025) COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM (4103341025) COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM (4103341025) LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM (4103341025) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM (4103341025) ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM (4103341025) ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM (4103341025) KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM (4103341025) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM (4103341025) DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM (4103341025) DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM (4103341025) DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM (4103341025) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM (4103341025) DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM (4103341025) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM (4103341025) DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM (4103341025) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM (4103341025) BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM (4103341025) BAB I.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM (4103341025) BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM (4103341025) BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM (4103341025) DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM (4103341025) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Think Pair Share (TPS) tentang sistem peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 240 orang. Pengambilan sampel penelitian secara purposive sampling. Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas Two Stay Two Stray dan kelas VIII-2 sebagai kelas Think Pair Share. Kelas Two Stay Two Stray terdapat 33 siswa dan Think Pair Share terdapat 32 siswa sehingga sampel bejumlah 65 sampel. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal yang digunakan sebagai pre-test dan soal post-test. Rata-rata hasil belajar kelas Two Stay Two Stray 76,87 dengan standar deviasi 8,68 lebih tinggi dibanding kelas Think Pair Share 74,34 dengan standar deviasi 7,67 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 2,53 dengan perbandingan Two Stay Two Stray : Think Pair Share = 1 : 1,08. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai t hitung = -2,70 dan t tabel = 2,002 dengan taraf signifikan 0,05. Ho diterima jika –t (1-1/2α). Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antar hasil belajar siswa yang diajar dengan model Two Stay Two Stray dengan Think Pair Share tentang sistem peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 pancur Batu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 016
Keywords: Two Stay Two Stray; Model Think Pair Share; Hasil belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 May 2016 03:14
Last Modified: 03 May 2016 17:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5087

Actions (login required)

View Item
View Item