Padang, Juliana Luvi Sabrina (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DENGAN THINK PAIR SHARE TENTANG SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANCUR BATU T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM (4103341025) COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM (4103341025) LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. NIM (4103341025) ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM (4103341025) KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM (4103341025) DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM (4103341025) DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM (4103341025) DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM (4103341025) DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM (4103341025) BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM (4103341025) BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM (4103341025) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Think Pair Share (TPS) tentang sistem peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 240 orang. Pengambilan sampel penelitian secara purposive sampling. Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas Two Stay Two Stray dan kelas VIII-2 sebagai kelas Think Pair Share. Kelas Two Stay Two Stray terdapat 33 siswa dan Think Pair Share terdapat 32 siswa sehingga sampel bejumlah 65 sampel. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal yang digunakan sebagai pre-test dan soal post-test. Rata-rata hasil belajar kelas Two Stay Two Stray 76,87 dengan standar deviasi 8,68 lebih tinggi dibanding kelas Think Pair Share 74,34 dengan standar deviasi 7,67 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 2,53 dengan perbandingan Two Stay Two Stray : Think Pair Share = 1 : 1,08. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai t hitung = -2,70 dan t tabel = 2,002 dengan taraf signifikan 0,05. Ho diterima jika –t (1-1/2α). Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antar hasil belajar siswa yang diajar dengan model Two Stay Two Stray dengan Think Pair Share tentang sistem peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 pancur Batu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 016 |
Keywords: | Two Stay Two Stray; Model Think Pair Share; Hasil belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 03:14 |
Last Modified: | 03 May 2016 17:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5087 |