Rahmaini (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Station Rotation Blended Learning Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156124012 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
1. NIM. 8156124012 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8156124012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3. NIM. 8156124012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
1. NIM. 8156124012 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 8156124012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8156124012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM. 8156124012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
6. NIM. 8156124012 TABLE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 8156124012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
8. NIM. 8156124012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
9. NIM. 8156124012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (932kB) | Preview
13. NIM. 8156124012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM. 8156124012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk model pembelajaran, menilai tingkat kelayakan produk model pembelajaran, menilai tingkat kepraktisan produk model pembelajaran, menilai tingkat keefektifan produk model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model dari Plomp. Tempat pelaksanaan penelitian ini di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan dikarenakan semua program studi yang ada di fakultas tarbiyah memiiliki mata kuliah bahasa arab sebagai mata kuliah umum. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) analisis statistik deskriptif; (2) analisis butir soal; dan (3) uji efektifitas produk. Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji satu pihak (one tailed test), yaitu untuk mengetahui perbedaan rata-rata dua populasi/kelompok yang independent. Responden ternagi dalam dua kelompok, yaitu mereka yang menggunakan model pembelajaran dan tidak menggunakan model pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: Model pembelajaran station rotation blended sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran bahasa arab. Kelayakan model di tentukan oleh validasi ahli materi pembelajaran bahasa arab, validasi ahli desain pembelajaran, dan validasi ahli desain grafis, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan/utama. Model pembelajaran station rotation blended learning sangat praktis diterapkan, kepada mahasiswa dan dosen yang membelajarkan bahasa arab. Model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab sangat efektif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan hasil pengujian efektivitas produk menggunakan uji t pada uji beda t test independent. Nili penerapan model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab sangat tinggi bila dibandingkan dengan nilai rata-rata mahasiswa kelas kontrol yang tanpa menggunakan Model pembelajaran station rotation blended learning pada mata kuliah bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Rah p |
Keywords: | model pembelajaran; station rotation blended learning; bahasa arab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PK Indo-Iranian P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:27 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50865 |