Surbakti, Sri Aranty Alfani (2022) Pengaruh Experiental Learning Terhadap Kemampuan Speaking Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311045_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183311045_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. NIM. 1183311045_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 1183311045_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1183311045_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183311045_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183311045_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183311045_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1183311045_BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 1183311045_BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 1183311045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Experiental Learning terhadap kemampuan Speaking pada mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh rata – rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen adalah 80,5 sedangkan nilai rata – rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas kontrol adalah 76. Pada presentasi angket respon guru sebanyak 96% dan respon guru sebanayak 96% hal tersebut menunjukkan model Experiental Learning cocok digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris terhadap Kemampuan Speaking siswa. Pada uji normalitas diketahui bahwa pretest dan
posttest pada kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan ketentuan Lhitung < Ltabel dengan tahap signifikan α = 0.05, maka diperoleh nilai pretest kelas eksperimen adalah Lhitung < Ltabel (0,167 < 0,198) dan nilai
postest kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,129 < 0,198). Sedangkan pada kelas kontrol nilai pretest diperoleh Lhitung < Ltabel (0,161 < 0,198) dan nilai postest kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (0,159 < 0,198). Hasil uji homogenitas diketahui nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi homogen dengan ketentuan Fhitung < Ftabel dengan taraf signifikan α =
0.05, maka diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,077 < 2,168). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berdasarkan kriteria pengujiannya adalah H0 diterima dan Ha ditolak jika thitung < ttabel dengan taraf signifikan α = 0.05, maka diperoleh nilai thitung < ttabel (1,165 < 2,0252) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model Experiental Learning terhadap kemampuan Speaking pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Experiental Learning; Kemampuan Speaking; Pelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:22 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50826 |