Permana, Agung Otto (2022) Telaah Tipe Keterampilan Berpikir Aras Tinggi dalam Soal Latihan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173111001 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2173111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
3. NIM 2173111001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 2173111001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM 2173111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
6. NIM 2173111001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 2173111001 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2173111001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
12. NIM 2173111001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM 2173111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai tipe Keterampilan Berpikir Aras Tinggi (KBAT) dalam soal latihan buku siswa bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 edisi revisi 2017, serta karateristik tipe KBAT ditinjau dari; soal yang menunjang kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal latihan yang terdapat pada buku siswa yang keterampilan berpikir aras tinggi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku siswa bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumenter. Instrumen penelitian menggunakan aspek kognitif Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson kratwohl yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas soal latihan 47% bertipe keterampilan berpikir aras tinggi dan karakteristik tipe soal dengan persentase 60% menunjang kemampuan berpikir kritis, 25% kemampuan berpikir kreatif, dan 15% menunjang kemampuan memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Soal; Keterampilan Berpikir Aras Tinggi; Buku Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:25 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50814 |