LESTARI, MAYA (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL HYBRID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TITL SMK N 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183131018 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM. 5183131018 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
3. NIM. 5183131018 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
4. NIM. 5183131018 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
5. NIM. 5183131018 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
6. NIM. 5183131018 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7. NIM. 5183131018 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
8. NIM. 5183131018 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9. NIM. 5183131018 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
13. NIM. 5183131018 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
14. NIM. 5183131018 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penyampaian materi pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dilakukan oleh guru SMK N 1 Percut Sei Tuan dengan menggunakan media papan tulis dan sesekali menggunakan powerpoint. Pembelajaran berjalan kurang efektif dikarenakan penyampaian yang monoton dan guru lebih dominan dalam kegiatan belajar. oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI SMK N 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas penerapan multimedia interaktif model hybrid pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik apabila dibandingkan dengan multimedia powerpoint di SMK N 1 Percut Sei Tuan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasy eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas XI TITL 1 dan XI TITL 2 SMK N 1 Percut Sei Tuan. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji Independent sample t test. Uji efektivitas dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas multimedia interaktif model hybrid dan multimedia powerpoint berdasarkan kriteria hasil belajarnya.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar kelas multimedia interaktif model hybrid (mean = 86,48; g = 0,64) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas multimedia powerpoint (mean = 72,91; g = 0,29). (2) Efektivitas penerapan multimedia interaktif model hybrid (94,28%) dikategorikan lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan multimedia powerpoint (33,33%). Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata posttest diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas, Multimedia interaktif model hybrid, multimedia powerpoint. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:28 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50801 |