SARI, LENNI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL MENGGAMBAR TEKNIK PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5152111013 COVER.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
2. NIM 5152111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
3. NIM 5152111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM 5152111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM 5152111013 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM 5152111013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. NIM 5152111013 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
8. NIM 5152111013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
9. NIM 5152111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
13. NIM 5152111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
14. NIM 5152111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.Penelitianinibertujuanuntuk: 1) Mengembangkan media pembelajaranmodulMenggambar Teknik pada matapelajaran Dasar-Dasar Menggambar Teknik Di Kelas X Desain Pemodelan dan InformasiBangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (2) mengetahuikelayakan media pembelajaranmodul pada matapelajaranMenggambar Teknik. Penelitianinimenggunakan metodepengembangan model ADDIE yang meliputi tahapAnalisis (Analysis), tahap Perancangan (Design), tahappengembangan (Development), tahapImplementasi (Implementation) dan tahapevaluasi (evaluation). Instrumen pengambilan data berupa angket dimana hasil data tersebutuntuk menguji kelayakanmodul melalui validasi ahli media, ahli materi (Dosen dan Guru Mata Pelajaran). Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sebaran angket, dan data kualitatif berupa uraian saran dan masukan yang diberikan oleh ahli media, ahli materi (Dosen dan Guru Mata Pelajaran). Kesimpulan penelitianini kelayakanmodulpembelajaranMenggambar Teknik matapelajaran Dasar-Dasar Menggambar Teknik mendapatnilai rata-rata oleh masing-masing validator yaitu: (1) data validasiahli media mendapatnilaipersentase 85,9% dan tergolong pada kategori “Layak”; data validasi ahlimateri mendapatpersentase 88,5% dan tergolong pada kategori “Layak”; (3) data validasiahli materi guru matapelajaranMenggambar Teknik mendapatpersentase 93,3% dan tergolong pada kategori“Sangat Layak”. BerdasarkandatatersebutmakamodulMenggambar Teknik mata Pelajaran Dasar-Dasar Menggambar Teknik kelas X DPIB SMK Negeri 1Percut Sei Tuan dinyatakanlayakdigunakan. Media pembelajaran Modul ini diharapkan dapat menjadi pembantu guru pelajaran dalam menyajikan mata pelajarannya di kelas, juga dapat membantu siswa untuk belajar baik di dalam kelas maupun di luar jam pelajaran sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media, Modul Pembelajaran,Menggambar Teknik. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 05:01 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50789 |