PGBN, DINDA KHAIRANI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X SMK N 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153311010 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 5153311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5153311010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 5153311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 5153311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 5153311010 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5153311010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5153311010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5153311010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
13. NIM. 5153311010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 5153311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Dasar- Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Percut Sei Tuan, semester 2 tahun ajaran 2021/2022 kelas X DPIB yang terdiri dari 32 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa 100% mampu mencapai nilai ≥ 70. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 25 soal diperoleh 20 soal dalam kategori valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 16 soal yang sedang dan 4 soal yang mudah, uji daya beda soal 8 butir kategori baik, 9 butir soal dalam kategori cukup, dan 3 butir soal dalam kategori jelek. Sementara pada siklus II, dari 25 butir soal diperoleh 20 soal yang valid, uji tingkat kesukaran 20 butir soal yang sedang, uji daya beda soal diperoleh 14 butir soal dengan kategori baik, 2 butir soal dalam kategori cukup, dan 4 soal dalam kategori jelek Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,09 dengan persentase kelulusan 75% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,93 dengan persentase kelulusan 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan simpulan yang dapat diambil adalah Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah Siswa Kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Mind Mapping, Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:44 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50784 |