Areeisty, Kharina (2016) PERBANDINGAN PENGUNAAN METODE PETA PIKIRAN DENGAN PETA KONSEP TERHADAP BELAJAR SISWA DIKELAS XI IPA SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141025 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4122141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 4122141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 4122141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4122141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4122141025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4122141025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4122141025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4122141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM. 4122141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
14. NIM. 4122141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 19 Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode peta pikiran dengan peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 19 Medan yaitu sebanyak enam kelas dengan rata-rata jumlah siswa 42 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 42 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel.
Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode peta pikiran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode peta konsep dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,541 > 1,667 pada taraf . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata pretes sebesar 74,476 dan rata-rata postes sebesar 87,714. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata pretes sebesar 62,381 dan rata-rata postes sebesar 85,714.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 021 |
Keywords: | Mind map; Ginjal; Urin; Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 May 2016 00:51 |
Last Modified: | 03 May 2016 00:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5076 |