MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS BUDAYA LOKAL : Strategi Meningkatkan Peran & Partisipasi Aktif Stakeholder Mewujudkan Sekolah Bermutu

Sihombing, Dionisius and Gultom, Syawal and Situmorang, Benyamin (2022) MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS BUDAYA LOKAL : Strategi Meningkatkan Peran & Partisipasi Aktif Stakeholder Mewujudkan Sekolah Bermutu. DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA), Yogyakarta. ISBN 978-623-02-4448-3

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen sekolah sangat diperlukan untuk menghadirkan
organisasi sekolah yang efektif. Keefektifan itu, salah satunya
tercermin dari peran dan partisipasi aktif dari stakeholder sekolah
dalam berproses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan
dan mengevaluasi program-program sekolah secara sadar, ikhlas dan
bertanggung jawab.
Sekolah yang berkategori efektif, di dalamnya terbina sinergitas
dari stakeholder, terbina soliditas dan harmoni dalam satu komitmen
mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah yang diharapkan. Pola
demokrasi dan pengambilan keputusan di dalamnya tidak bersifat
tunggal oleh Kepala Sekolah atau beberapa pihak dengannya,
melainkan bersama stakeholder, baik internal dan eksternal yang
saling terkait. Keputusan itu secara khusus diharapkan pada praktik
fungsi manajemen dalam kaitannya dengan program-program sekolah
pada periode tahun pelajaran yang akan berlangsung.
Pola demokrasi dan pengambilan keputusan demikian
menghilangkan kekacauan, kemandekan dan disharmonisasi di antara
stakeholder sekolah, sebab sudah ikut serta berproses merencanakan
dan mengoordinasikan program-program sekolah, sudah memberikan
dan didengar pendapatnya, serta merasakan bahwa hal diputuskan
merupakan bagian dari gagasan pemikirannya. Pola demikian dihidupi
dalam budaya lokal (Batak).

Item Type: Book
Keywords: sekolah bermutu; manajemen sekolah; kepemimpinan; model manajemen sekolah; budaya lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:32
Last Modified: 16 Feb 2023 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50757

Actions (login required)

View Item
View Item