Sihombing, Dionisius and Gultom, Syawal and Situmorang, Benyamin (2022) MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS BUDAYA LOKAL : Strategi Meningkatkan Peran & Partisipasi Aktif Stakeholder Mewujudkan Sekolah Bermutu. DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA), Yogyakarta. ISBN 978-623-02-4448-3
Book.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Manajemen sekolah sangat diperlukan untuk menghadirkan
organisasi sekolah yang efektif. Keefektifan itu, salah satunya
tercermin dari peran dan partisipasi aktif dari stakeholder sekolah
dalam berproses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan
dan mengevaluasi program-program sekolah secara sadar, ikhlas dan
bertanggung jawab.
Sekolah yang berkategori efektif, di dalamnya terbina sinergitas
dari stakeholder, terbina soliditas dan harmoni dalam satu komitmen
mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah yang diharapkan. Pola
demokrasi dan pengambilan keputusan di dalamnya tidak bersifat
tunggal oleh Kepala Sekolah atau beberapa pihak dengannya,
melainkan bersama stakeholder, baik internal dan eksternal yang
saling terkait. Keputusan itu secara khusus diharapkan pada praktik
fungsi manajemen dalam kaitannya dengan program-program sekolah
pada periode tahun pelajaran yang akan berlangsung.
Pola demokrasi dan pengambilan keputusan demikian
menghilangkan kekacauan, kemandekan dan disharmonisasi di antara
stakeholder sekolah, sebab sudah ikut serta berproses merencanakan
dan mengoordinasikan program-program sekolah, sudah memberikan
dan didengar pendapatnya, serta merasakan bahwa hal diputuskan
merupakan bagian dari gagasan pemikirannya. Pola demikian dihidupi
dalam budaya lokal (Batak).