Silitonga, Roma Theresia (2022) Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Lingkungan XVI Perkampungan Kodam Sunggal. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183113047 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 1183113047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 1183113047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 1183113047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM 1183113047 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. NIM 1183113047 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. NIM 1183113047 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM 1183113047 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
9. NIM 1183113047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM 1183113047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 1183113047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang diterapkan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun (prasekolah) di Lingkungan XVI Perkampungan Kodam Sunggal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini subjek sebanyak 12 orang yang terdiri dari 6 anak berusia 5-6 tahun (prasekolah) dan 6 orang tua di Lingkungan XVI Perkampungan Kodam Sunggal. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti
yaitu metode observasi dan metode wawancara. Analisis data pada penelitian deskriptif kualitatif menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian
ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah terdapat 1 (satu) orang tua menggunakan pola asuh otoriter, 3 (tiga) orang tua lainnya menggunakan pola
asuh demokratis sedangkan 2(dua) orang tua menggunakan pola asuh permisif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan anak yang diasuh menggunakan pola asuh demokratis terlihat lebih mandiri, mudah bergaul dan memiliki sikap sosial yang mudah berbaur/bergaul dengan teman sebaya maupun tidak, aktif dan kreatif, berani mengungkapkan pendapat serta banyak bercerita pada temannya maupun orang tua. Namun berbeda dengan anak yang diasuh dengan pola asuh permisif dan
otoriter, anak terlihat lebih pendiam/murung karena tekanan, sulit berkomunikasi/bersosial dengan dengan teman sebaya maupun tidak sebaya, karena aturan/ larangan dari orang tua, tidak banyak berbicara ketika ditanya oleh siapapun,
terlihat pendiam disertai rasa takut dan selalu bermain sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa pola asuh orang tua terdapat berkaitan dalam mengembangkan kecerdasan
nterpersonal anak usia 5-6 tahun di lingkungan XVI Perkampungan Kodam Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pola Asuh; Anak Usia 5-6 Tahun; Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 08:01 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50755 |