PENGARUH LOKASI, KERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA CARREFOUR CITRA GARDEN MEDAN)

Tobing, Fitri Morina and Sihombing, Dionisius (2016) PENGARUH LOKASI, KERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA CARREFOUR CITRA GARDEN MEDAN). Jurnal PLANS (Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis), 11 (2). pp. 149-156. ISSN 1978-7057 ( media cetak); 2527-306X (media online)

[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview

Abstract

Mengingat begitu banyaknya supermarket dan hypermart yang tersebar disekitar Jalan Jamin Ginting, Carrefour Citra Garden Medan justru lebih diminati banyak orang sebagai tempat perbelanjaan di bandingkan tempat perbelanjaan lain. Dari fenomena itu peneliti ingin mengetahui apakah faktor lokasi, keragaman produk dan harga dapat menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian konsumen di Carrefour Citra Garden Medan, dan apakah konsumen melakukan keputusan pembelian berdasarkan faktor tersebut. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 525 responden dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket (kuesioner) yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistic dengan menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dengan persamaan structural serta untuk mengetahui besarnya pengaruh lokasi, keragaman produk dan harga secara simultan dapat dilihat dari perhitungan determinasi (R2). Setelah data dianalisis dengan bantuan SPSS 17 maka diperoleh persamaan analisis jalur Y = -5.412 + 0,173 X1 + 0,662 X2 + 0,451 X3 Selanjutnya nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0,529 yang memiliki arti bahwa lokasi, keragaman produk dan harga secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 52,9% dan sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dapat dilihat dan diperoleh nilai signifikan 0,000 < dari taraf nyata 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang artinya terdapat pengaruh lokasi, keragaman produk dan harga terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Article
Keywords: Lokasi; Keragaman Produk; Harga; Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF1040 Commodities. Commercial products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Feb 2023 01:41
Last Modified: 16 Feb 2023 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50749

Actions (login required)

View Item
View Item