Alsa, Elvira (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN RIAS FANTASI SISWA KELAS XII SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5172144008 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM 5172144008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (807kB) | Preview
3. NIM 5172144008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 5172144008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM 5172144008 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM 5172144008 TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 5172144008 PICTURES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM 5172144008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM 5172144008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM 5172144008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 5172144008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengembangan media video tutorial pada mata pelajaran rias fantasi di SMK Negeri 10 Medan dan Untuk menguji kelayakan media video tutorial rias fantasi tema legenda (Danau Toba).
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) atau disebut juga dengan penelitian dan pengembangan, prosedur penelitian dan pengembangan dibagi dalam 10 langkah pokok, yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, pembuatan produk masal. Dari 10 langkah yang dikembangkan oleh Research and Development (R&D) Teknik pengumulan data dilakukan melalui Wawancara dan Observasi serta Kuisioner (angket), sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, semua data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Data Kualitatif berupa pertanyaan sangat tidak baik, kurang baik, cukup baik, sangat baik diubah menjadi data kuantitatif dengan skala 1, 2, 3,4, 5. Kemudian hasilnya dirata-ratakan dan digunakan untuk menilai kualitas media video pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai sebesar 94,6% dengan kategori “sangat baik”, (2) hasil validasi dari ahli media memeroleh nilai sebesar 95,5% dengan kategori “sangat baik”, (3) hasil uji coba kelomok kecil berada ada kualifikasi “sangat baik” dengan nilai sebesar 93,8%, (4) hasil uji coba kelomok sedang berada pada kualifikasi “sangat baik” dengan nilai sebesar 94,1%. Dengan demikian media video tutorial rias fantasi tema legenda ini dikategorikan layak untuk digunakan sebegai media embelajara di SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran, video tutorial, rias fantasi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:27 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50747 |