Tamba, Masjelita (2022) Analisis Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK BELLA Kabupaten Padang Lawas T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183313014_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1183313014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 1183313014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 1183313014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM. 1183313014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 1183313014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 1183313014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1183313014_BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
12. NIM. 1183313014_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM. 1183313014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peran guru sebagai model, sebagai pembimbing, sebagai pelatih, sebagai motivator, sebagai penilai, dalam mengembangkan kecerdasan moral anak usia 5-6 tahun di TK Bella Kabupaten Padang Lawas T.A 2021/2022. Mengetahui kecerdasan moral anak
usia 5-6 tahun di TK Bella Kab. Padang Lawas. Subyek penelitian ini terdiri dari 2 orang guru dan 15 orang peserta didik usia 5-6 tahun. Objek dari penelitian ini adalah peran guru dalam mengembangkan kecerdasan moral anak usia 5-6 tahun di TK Bella Kab. Padang Lawas. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi peran guru, observasi kecerdasan moral anak serta wawancara peran guru. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa peran guru sebagai model, pembimbing, pelatih, motivator, penilai dalam mengembangkan kecerdasan moral anak usia 5-6 tahun di TK Bella sudah baik. Kecerdasan moral anak usia 5-6 tahun di TK Bella diketahui bahwa anak yang memiliki kategori belum berkembang (BB) sebanyak 3 orang peserta didik atau 20%, dan mulai berkembang sebanyak 2 orang peserta didik atau 13,3%, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 4 orang peserta didik atau 26,7%, serta berkembang sangat baik (BSB) sebabanyak 6 orang peserta didik atau 40%. Dapat disimpulkan bahwa kecerdasan moral anak di TK Bella Kabupaten Padang Lawas sudah berkembang dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru; Kecerdasan Moral; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 08:00 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50667 |