PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIPLE REPSENTASI PADA TOPIK FOTOSINTESIS DIKELAS XII SMA MUHAMMADIYAH LUBUK PAKAM

Zamilah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIPLE REPSENTASI PADA TOPIK FOTOSINTESIS DIKELAS XII SMA MUHAMMADIYAH LUBUK PAKAM. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview

Abstract

Multiple representasi merupakan model yang mempresentasikan ulang konsep yang sama dalam beberapa format yang berbeda-beda dalam proses pembelajaran yang akan terjadi pada saat berpikir dengan adanya informasi yang datang dari diri sendiri maupun dari orang lain. Media pembelajaran interaktif berbasis multiple repsentasi pada topik fotosintesis diharapkan mampu memahami berpikir peserta didik secara level makroskopik, mikroskopik dan simbolik. Materi Fotosintesis dirasa sulit dan membosankan karena peserta didik merasa kesulitan dalam memahami konsep Fotosintesis yang bersifat abstrak dan komplek akibat prosesnya yang tidak dapat terlihat secara langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan dari model pengembangan ADDIE (Lee & Owens, 2004). Model penelitian pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis (Analysis), perancangan produk (Design), pengembangan produk (Development), implementasi produk (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi. Aspek penilaian dari segi aspek Media dan aspek Materi. Uji coba dilakukan secara terbatas, jumlah sampel penelitian sebanyak 19 orang siswa pada sekolah SMA Muhammadiyah Lubuk pakam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria valid dengan rata- rata persentase sebesar 85% (aspek media) dan 87,43%. (aspek materi), dan berada pada kategori praktis dengan rata-rata persentase keseluruhan aspek memperoleh 78,33% yang menunjukkan Media pembelajaran berbasis Multiple representative berada pada kategori praktis digunakan dalam pembelajaran fotosintesis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 572.46 Zam p
Keywords: Multiple representasi; Fotosintesis; Multiple representasi; Pembelajaran interaktif; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:26
Last Modified: 11 Apr 2023 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50653

Actions (login required)

View Item
View Item