Agustiani, Sri and Harun, Siti Chaliza and Djulia, Ely (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM EKSKRESI GINJAL DI KELAS VIII II SMP N 5 MEDAN. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan respon peserta didik dengan mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi dan alat peraga pada materi sistem eksresi yang lebih difokuskan kepada eksresi organ ginjal. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE ini terdiri atas 5 tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil yang diperoleh dalam pengembangan media pembelajaran berbasis multipel representasi yang dinilai oleh ahli materi dan bahasa diperoleh nilai sebesar 96,9% yang berarti sangat layak untuk digunakan. Sedangkan penilaian ahli dalam teknologi pembelajaran diperoleh nilai sebesar 91,7% yang artinya sangat layak digunakan dalam media pembelajaran berbasis multipel representasi. Respon siswa terhadap media pembelajaran multipel representasi terhadap aspek minat diperoleh nilai sebesar 79%, keterpahaman 81% dan kemudahan 77% artinya ketiga nilai pada respon siswa kelas VIII II SMP 5 Medan terhadap media pembelajaran berbasis multipel representasi baik untuk digunakan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | 573.496 Agu p |
Keywords: | Multiple representation; Sistem ekskresi; Ginjal; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 08:07 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50650 |