PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA PENYAKIT CELIAC DI KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT

Fadhliyah, Nurul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA PENYAKIT CELIAC DI KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multipel representatif pada materi sistem pencernaan dan berfokus pada pembelajaran penyakit celiac khususnya di usus kecil. Penelitian ini menggunakan pendekatan dari model ADDIE, model penelitian metode ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Metode Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi yaitu melakukan pengamatan kegiatan pembelajaran di SMA NEGERI 1 STABAT kelas XI IPA 4 pada kelas gelombang 1 dan gelombang 2 total 36 sampel siswa dengan total durasi implementasi mengajar 90 menit. Hasil analisis observasi ke sekolah mendapatkan data kurikulum yang dipakai dan media apa saja yang telah digunakan guru dalam mengaplikasikan pelajaran sistem peredaran darah, kesulitan guru dalam mengajar materi sistem peredaran darah serta miskonsepsi murid terhadap materi sistem peredaran darah. Hasil media ICT video animasi dan non ICT yang terbagi menjadi level makroskopis : model alat peraga struktur sistem pencernaan, level mikroskopis : video animasi tentang proses terjadinya penyakit celiac yang terjadi di usus kecil, level simbolik: video animasi tentang gejala serta cara mendiagnosis penyakit celiac. Berdasarkan hasil validasi dapat dinyatakan bahwa media yang dibuat berbasis multipel representatif berupa alat peraga dan video animasi sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Media multipel representatif memberikan gambaran nyata kepada murid mengenai materi sistem pencernaan dengan fokus penyakit celiac sehingga dengan banyaknya media yang digunakan menarik minat siswa untuk mempelajari dan menganalisis materi tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 573.3 Fad p
Keywords: Multiple representatif; Sistem pencernaan; Penyakit celiac; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:25
Last Modified: 13 Feb 2023 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50642

Actions (login required)

View Item
View Item