IMPLEMENTASI ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMUDAHKAN PEMBELAJARAN SELAMA DARING

Anisyah, Kintan and Hutabarat, Laura Nazrifa and Khairunnisa (2023) IMPLEMENTASI ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMUDAHKAN PEMBELAJARAN SELAMA DARING. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Dengan adanya teknologi, maka akan dapat mendistribusikan informasi secara cepat, dari satu tempat ke tempat yang lain yang berjauhan, dan memberikan manfaat yang sangat berarti dalam kehidupan manusia. Teknologi Informasi Komunikasi atau Information and Communication Technology (ICT) ini mempunyai peran yang luar biasa di bidang Pendidikan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder adalah data yang dikumpulkan, diolah dan disajikan oleh pihak lain, yang biasanya berbentuk publikasi atau jurnal. Proses pembelajaran daring ini dapat dilakukan secara satu arah dan dua arah. Dimana pembelajaran satu arah pada saat daring dilakukan ketika guru memberikan tugas melalui media daring kemudian peserta didik secara mandiri mempelajari tugas yang diberikan. Seorang pendidik harus menyiapkan media pembelajaran yang baik serta sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswanya. ICT dapat diterapkan pada semua tahapan aktivitas pembelajaran dimulai dari pembuatan rencana pembelajaran, penyiapan materi, penyajian materi, pelaksanaan pembelajaran, hingga proses evaluasi. ICT dapat dimanfaat pada pembelajaran IPA, dengan memanfaatkan ICT guru dapat membuat animasi atau juga simulasi yang dimana dapat memudahkan siswa untuk memahami konsep yang abstrak, dinamis, serta kompleks. Kesimpulan nya Proses Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran dalam jaringan, dalam arti lain pembelajaran ini dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara peserta didik dan guru, melainkan dilakukan secara online menggunakan media elektronik seperti handphone atau komputer melalui jaringan internet Yang dimana menggunakan Pemanfaatan ICT.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 507 Ani i
Keywords: Pembelajaran daring; Media pembelajaran; Teknologi informasi dan komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:10
Last Modified: 13 Feb 2023 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50640

Actions (login required)

View Item
View Item