Ayu, Gabriella Marry (2015) PERBANDINGAN KELUASAN, KEDALAMAN DAN KEMUTAKHIRAN ISI BUKU BIOLOGI SMA INDONESIA DENGAN BEBERAPA NEGARA LAIN PADA TOPIK GENETIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113141032 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4113141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM. 4113141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 4113141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 4113141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 4113141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4113141032 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4113141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 4113141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM. 4113141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 4113141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan keluasan, kedalaman, dan kemutakhiran isi buku biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) antara buku terbitan Indonesia dengan beberapa Negara yaitu United Kingdom (UK). Malaysia, dan Singapura. Perbandingan yang dilakukan berdasarkan keluasan, kedalaman, dan kemutakhiran isi buku biologi dengan menggunakan instrumen yang berdasarkan instrumen penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan dalam mengevaluasi buku. Topik yang dipilih untuk dibandingkan pada penelitian adalah topik yang dianggap sulit dan modern yaitu genetika. Buku biologi dari Indonesia yang digunakan adalah buku dengan penerbit Erlangga karena merupakan penerbit yang popular, sedangkan buku biologi untuk Negara lain berdasarkan standar dari Kementerian Pendidikan Negara tersebut. Metode yang digunakan untuk membandingkan isi buku tersebut adalah kuantitatif deskriptif, dimana hasil analisis ini berupa deskriptif dari gejala-gejala yang diamati, yang tidak harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor buku sampel pada aspek keluasan isi buku biologi yaitu UK (3.80), Indonesia (3.20), Malaysia (3.00), dan Singapura (2,57). Skor buku sampel pada aspek kedalaman isi buku biologi ialah UK (3,80), Malaysia (3,75), Indonesia (3,60), dan Singapura (3.14). Pada aspek kemutakhiran isi buku biologi, skor buku sampel yang didapat ialah UK (4.00), Malaysia (4.00), Singapura (3.60), dan Indonesia (3.40). Berdasarkan skor total yang didapatkan dari ketiga aspek tersebut bahwa pada peringkat pertama ialah buku yang berasal UK (3.87), kemudian buku biologi yang berasal dari Malaysia (3.58), selanjutnya buku biologi yang berasal dari Indonesia (3.40), dan buku biologi dari Singapura di peringkat terakhir dengan skor (3.10). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku biologi terbitan Indonesia untuk topik genetika berada di bawah buku biologi terbitan UK dan Malaysia dan diatas buku biologi terbitan Singapura.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 007 |
Keywords: | Keluasan; Kedalaman;Kemutakhiran Materi; Buku Teks, Genetika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 22:06 |
Last Modified: | 02 May 2016 22:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5063 |