Kamal, Mustafa (2016) ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4103141049 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2 NIM 4103141049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4 NIM 4103141049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5 NIM 4103141049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
6 NIM 4103141049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7 NIM 4103141049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8 NIM 4103141049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9 NIM 4103141049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
10 NIM 4103141049 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14 NIM 4103141049 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15 NIM 4103141049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3 NIM 4103141049 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru biologi kelas X dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 di SMA Negeri se-kota Medan.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah guru-guru biologi kelas X dan siswa kelas XI yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sepuluh SMA Negeri di kota Medan yaitu SMAN 1 Medan, SMAN 2 Medan, SMAN 3 Medan, SMAN 4 Medan, SMAN 5 Medan, SMAN 7 Medan, SMAN 9 Medan, SMAN 16 Medan, SMAN 18 Medan, SMAN 20 Medan. Sesuai dengan data Dinas Pendidikan Kota Medan, guru biologi kelas X berjumlah 26 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive. Dasar pengambilan sampel adalah guru tersebut sudah memiliki RPP Kurikulum 2013 dan bersedia menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian adalah, SMAN 2 Medan, SMAN 3 Medan, SMAN 4 Medan, SMAN 5 Medan, SMAN 7 Medan, SMAN 9 Medan, SMAN 16 Medan, SMAN 20 Medan. Jumlah sampel penelitian adalah 16 orang guru dan 256 orang siswa. Data penelitian diambil dari pengumpulan RPP guru untuk perencanaan pembelajaran. Untuk pelaksanaan, data diambil dari angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Penguatan dan pendalaman data dari perencanaan dan pelaksanaan dilakukan dengan cara wawancara guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru biologi kelas X dalam merencanakan pembelajaran tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai 92.71. Sementara kemampuan guru biologi kelas X dalam melaksanakan pembelajaran tergolong dalam kategori cukup dengan nilai sebesar 78.72. berdasarkan uji korelasi didapatkan nilai 0.875, dimana 0.875 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Kurikulum 2013, yang berarti H0 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 029 |
Keywords: | Kurikulum 2013; Pembelajaran; Perencanaan; Pelaksanaan; SMAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 21:59 |
Last Modified: | 02 May 2016 21:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5062 |