Akbar, Ali (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARA KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM NIM 409341002 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM NIM 409341002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3. NIM NIM 409341002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM NIM 409341002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM NIM 409341002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM NIM 409341002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM NIM 409341002 TABLES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM NIM 409341002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
9. NIM 409341002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM NIM 409341002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14. NIM 409341002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran dengan yang diajar Numbered Head Together (NHT) menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) pada materi Virus di kelas X SMA Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2015/2016, dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) sebagai kelas eksperimen 1 dan pengajaran menggunakan pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) sebagai kelas eksperimen ke 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X-3 dan Kelas X-4, dengan jumlah 72 siswa. Pada kelas X-3 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan kelas X-4 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini diaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjungbalai pada agustus – oktober 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi daripada pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS), dimana diperoleh 1 = 80,889 dengan SD X1 =9,896 untuk kelas eksperimen 1, sedangkan pada kelas eksperimen ke 2 diperoleh 2 = 83,00 dengan SD X2 = 11,043. Hasil analisis data menunjukkan thitung < ttabel (0,348 < 1,670). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tidak signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) pada materi Virus di SMA Negeri 1 Tanjungbalai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 040 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Tipe Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2016 19:29 |
Last Modified: | 02 May 2016 19:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5059 |