Maulida, Hanna (2022) Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar di TK ABA 05 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183313003_COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
5. NIM. 1183313003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 1183313003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 1183313003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
6. NIM. 1183313003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
12. NIM. 1183313003_BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. NIM. 1183313003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 1183313003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 1183313003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183313003_BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru mengadakan variasi mengajar yang memiliki tiga komponen yaitu variasi gaya mengajar guru, variasi dalam penggunaan media atau alat pembelajaran, dan variasi komunikasi dengan peserta didik di TK ABA 05 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru kelas di TK ABA 05 Medan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwasannya keterampilan guru mengadakan variasi mengajar memiliki tiga komponen yaitu: Variasi gaya mengajar guru seperti memberikan variasi suara pada saat menjelaskan tema dan kegiatan yang akan dipelajari dengan menggunakan intonasi nada yang tidak terlau cepat agar peserta didik bisa mengerti dengan apa yang dikatakan guru. Guru juga sering menggunakan waktu/kesenyapan untuk menghentikan keributan peserta didik. Kontak pandang yang dilakukan guru dengan peserta didik dilakukan secara merata tidak hanya pada satu anak saja. Variasi gerakan anggota badan dilakukan guru dengan menggerakkan tangan saat berbicara, guru menggelengkan kepala saat anak salah atau kurang tepat menjawab pertanyaan, dan menggunakan mimik wajah yang sesuai dengan penjelasan yang guru berikan kepada pesera didik. Ketika guru mengajar, guru menciptakan variasi baik saat duduk, berdiri dan sebagainya. Variasi menggunakan media atau alat pembelajaran seperti, media pembelajaran yang digunakan oleh guru berbentuk visual dan juga media nyata yang dapat dipahami oleh peserta didik dan guru juga memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekitar sekolah, misalnya daun, kapas, air, kertas origami dan menjadikan anak sebagai model dalam menggunakan media atau alat pembelajaran. Variasi komunikasi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran seperti pada saat proses pembelajaran guru menanggapi respon anak cukup baik dimana guru menghargai, memberikan penguatan, dan memberikan kesempatan kepada anak berbagi informasi kepada temannya yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Guru; Variasi Mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 08:43 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50569 |