IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK OPTIMALISASI GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU SMP

Sinensis, Arini Rosa and Firdaus, Thoha and Mustofa, M. Iqbal and Hidayah, Nurul and Muslimin (2022) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK OPTIMALISASI GADGET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU SMP. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 14 September 2022, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi membawa sebuah kemajuan dalam dunia pendidikan. Guru saat ini harus
memiliki kemampuan dalam penggunaan media berbasis IT. Akan tetapi, masih
ditemukan guru yang belum pernah memanfaatkan IT untuk kegiatan belajar mengajar.
Alasannya adalah jaringan internet tidak mendukung dan keterampilan guru sangat
rendah. Solusi dari permasalahan tersebut adalah meningkatkan kemampuan guru
dengan pemanfaatan Gadget atau Handphonenya untuk media pembelajaran baik
offline maupun online dengan mengimplementasikan Augmented Reality (AR) sebagai
media pembelajaran dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan. Metode
pelaksanaan kegiatan dilakukan di sekolah mitra yaitu SMP N 3 Bp Peliung di OKU
Timur, pelatihan ini diperuntukkan bagi seluruh guru di sekolah tersebut. tahapan
pelatihan yang dilaksanakan adalah penyajian materi, pelatihan, diskusi dan evaluasi.
Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah 98,9% guru memberikan respon positif
terhadap keterlaksanaan program. Harapan guru dapat segera menerapkan AR dalam
kegiatan belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa
dalam belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Augmented Reality; Media Inovatif; Optimalisasi Gadget
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Feb 2023 09:44
Last Modified: 06 Feb 2023 09:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50492

Actions (login required)

View Item
View Item