PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SISWA MELALUI KEGIATAN MENTORING DI ERA NEW NORMAL BAGI SISWA DI MTS AL- ITTIHADIYAH PKL MASYHUR MEDAN

Ginting, Siti Aisah and Meisuri and Hartati, Rita (2022) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SISWA MELALUI KEGIATAN MENTORING DI ERA NEW NORMAL BAGI SISWA DI MTS AL- ITTIHADIYAH PKL MASYHUR MEDAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi virus corona telah mengubah sendi-sendi kehidupan masyarakat secara luas, dan tidak terkecuali system pendidikan. Dalam hitungan hari, institusi pendidikan menutup kampus dan sekolah, serta memindahkan kelas online, mengubah setiap bagian dari pengalaman pendidikan. Perubahan radikal dalam strategi pendidikan ini akan membawa serta sejumlah peluang dan tantangan baru. Para pendidik harus bangkit, mengembangkan diri, dan mengajar dengan cara yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya karena untuk siswa berhasil dalam model pembelajaran apa pun, guru harus berhasil terlebih dahulu. Siswa yang semakin menurun
kemampuan belajar mereka karena guru tidak bertatapan muka langsung dan siswa kurang mengerti penjelasan guru secara daring serta masalah jaringan internet yang sangat tidak stabil. Melalui kegiatan pendampingan siswa di Mts. Al-Ittihadiyah Pkl. Masyhur Medan, Pelaksanakan Mentoring dengan metode Deliberate Practice dipilih sebagai solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Kegiatan pendampingan belajar ini dilaksanakan selama 3 bulan dengan melibatkan
5 o rang mahasiswa Unimed sebagai mentor, 3 orang dosen pendamping, 3 orang guru pamong, dan 50 orang siswa sebahai peserta, dan dilaksanakan melalui empat tahapan. Hasil kegiatan pendampingan melalui model mentoring menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dan melalui angket juga ditemukan respon mereka terhadap proses pembelajaran, meliputi semangat, motivasi, dan ketertarikan, menunjukkan hasil yang positif, dengan skor ratarata yaitu sebesar 3,35 dan masuk dalam kategori tinggi, yang artinya para peserta merasa lebih bersemangat, termotivasi, lebih tertarik dalam belajar Bahasa Inggris.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Mentoring, KampusMerdeka, Fasilitator
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:59
Last Modified: 08 Feb 2023 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50439

Actions (login required)

View Item
View Item