Dalimunthe, Amirhud (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACA ISTIQOMAH KELURAHAN TERJUN KECAMATAN MEDAN MARELAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pemberdayaan masyarakat ini didasari kurangnya keseimbangan pendidikan formal dengan pendidikan non-formal dan kurangnya minat baca masyarakat serta tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk
mendorong minat membaca melalui gerakan literasi serta penyediaan bahan bacaan yang berguna bagi pemustaka dan masyarakat sekitar untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan demi peningkatan wawasan serta produktivitas masyarakat. Taman Baca Masyarakat Istiqomah yang berada di kelurahan terjun kecamatan Medan Marelan kota Medan merupakan sarana atau tempat yang menyediakan bahan bacaan
yang dibutuhkan masyarakat baik dari buku pendidikan, sarana untuk mengakses sumber belajar melalui internet, dan juga sarana untuk permainan bagi anak-anak usia dini. Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat gerakan literasi dengan proses penyadaran, pelatihan, serta dorongan atau dukungan dari pengelola kepada masyarakat untuk terus membaca, menambahkan ilmu pengetahuan dan mempercepat proses penguasaan teknis pengelolaan Sumber Daya Manusia. Pelaksanaan program pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi, ceramah, diskusi, pelatihan, praktik lapangan dan pendampingan. Pada tahap akhir kegiatan, dilakukan tindak lanjut dan evaluasi terkait peningkatan minat baca dan pemanfaatan layanan yang disediakan di Taman Baca Masyarakat Istiqomah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pemberdayaan Masyarakat, Taman Baca, Minat Baca, Literasi. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM756 Community |
Divisions: | Lembaga Penelitian |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 03:12 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50396 |